Persalinan Tanpa Rasa Nyeri dengan ILA

22 Dec 2016

Persalinan Tanpa Rasa Nyeri dengan ILA, Setiap wanita yang akan melahirkan akan merasakan nyeri saat persalinan. Nyeri persalinan tersebut sering kali dapat berpengaruh buruk pada fisiologi persalinan itu sendiri.

Faktor yang dapat mempengaruhi nyeri saat persalinan sangat bervariasi, antara lain: faktor fisik (seperti panggul yang sempit, janin besar, letak janin abnormal), faktor fisiologis/biokimia, faktor psikologis, faktor edukasi ibu bersalin (persepsi ibu tentang proses persalinan), faktor kultural dan etnik. Kali ini, kita akan membicarakan faktor nyeri fisiologis pada nyeri persalinan. Fisiologi persalinan itu dapat terganggu karena adanya peningkatan sekresi adrenalin yang berlebihan saat nyeri berlangsung, sehingga bisa menimbulkan vasokonstriksi pembuluh darah yang dapat mengganggu sirkulasi daerah uterus dan pada akhirnya menyebabkan hipoksia janin (bayi kurang oksigen). Di luar negeri telah banyak cara dilakukan untuk mengatasi nyeri persalinan, salah satunya dengan teknik analgesia regional, yaitu intratekal, epidural, atau gabungan intratekal-epidural. Kemudian dikenallah teknik yang disebut ILA = Intrathecal Labor Analgesia, yang  dianggap lebih baik dibandingkan teknik lain karena cepat, memuaskan, aman, dan waktu pemberian yang cukup fleksibel. Di Jakarta dan kota-kota besar lainnya, walau proses persalinan tanpa rasa nyeri ini mulai populer sejak tahun 2000-an, namun masih belum menjadi kebutuhan utama bagi ibu yang melahirkan. Berbeda dengan negara-negara barat yang telah menempatkan penggunaan ILA menjadi bagian dari persalinan normal.

IntrathecaL Labor AnaLgesia (ILA)

ILA adalah suatu teknik yang dikembangkan oleh bagian anestesiologi untuk penghilang rasa nyeri selama persalinan, yang dilakukan oleh dokter anestesi dengan cara memberikan campuran obat-obatan melalui suntikan yang diberikan pada rongga intratekal di tulang belakang, yang berguna memblok hantaran rasa nyeri pada serabut saraf dari tulang belakang tersebut. Efek samping ILA jarang terjadi. Tetapi bila terjadi biasanya mudah diatasi, yaitu berupa rasa mual, sedikit penurunan tekanan darah, dan gatal-gatal ringan. Tujuan utama ILA adalah menghilangkan atau mengurangi rasa nyeri pada saat persalinan tanpa menyebabkan blok motorik sehingga ibu masih tetap bisa mengejan untuk mendorong bayi lahir melalui jalan lahir normal.

Manfaat  dan keuntungan dari ILA:

  • Nyeri dapat dihilangkan atau dikurangi tanpa menggangu proses persalinan.
  • Obat mulai bekerja segera setelah dilakukan penyuntikan.
  • Efek menghilangkan nyeri dapat bertahan dan terus berlangsung selama proses melahirkan.
  • Ibu tetap dalam kondisi sadar.
  • Menguntungkan bagi bayi karena peningkatan sekresi adrenalin yang menganggu aliran darah uterus berkurang.
  • Tidak mempengaruhi kemampuan ibu untuk mengejan, bahkan membuat ibu lebih nyaman untuk mengejan tanpa rasa sakit.

Anggapan bahwa nyeri selama persalinan adalah hal yang wajar dan patut dialami jadi kurang tepat saat ini. Dr. B M Chandra S, Sp.An (Bagian Anestesiologi RS Puri Indah Jakarta).

Baca Juga Artikel Lainnya:

 


TAGS Tips Saat Melahirkan Cara Agar Melahirkan Normal Mengatasi Sakit Saat Melahirkan


-

Author

Follow Me