Cegah Kanker Melalui Sayuran dan Buah-buahan

21 Dec 2016

Cegah Kanker Melalui Sayuran dan Buah-buahan, Survei konsumsi serat penduduk perkotaan sekitar 10-15 g/hari masih di bawah standar yang disarankan yaitu 25 s/d 30 g/hari.

Semua orang mendambakan tubuh yang sehat. Tubuh yang sehat membuat kita bisa melakukan segala aktivitas tanpa hambatan. Kita dapat melakukan apa yang kita inginkan sebagai bentuk aktualisasi diri. Namun bagaimana jika sebuah penyakit yang mengancam kehidupan seperti kanker payudara menghampiri Anda? Keberadaan kanker payudara mengganggu fungsi payudara untuk memberi manfaat ASI pada generasi berikutnya. Kanker payudara juga mengganggu keindahan tubuh wanita yang bisa menyebabkan penderita kurang percaya diri, untuk itu diperlukan pencegahan secara dini melalui asupan makanan yang sehat melalui sayuran dan buah buahan.

Kecukupan serat terjadi apabila seseorang mengkonsumsi sayur 3x dan buah 3x per hari. Serat tidak larut dalam air yang banyak terdapat pada kulit buah (apel, pier, anggur), sayur, biji-bijian akan membantu mempercepat sisa-sisa makanan, termasuk zat karsinogenik, melewati saluran pencernaan diekskrasikan keluar melalui feses. frekuensi buang air besar yang teratur 1-2 kali per hari akan mengurangi waktu zat karsinogenik kontak dengan mukosa usus. manfaat lainnya adalah meningkatkan level antioksidan dalam serum darah.

Cegah Kanker Melalui Sayuran dan Buah-buahan, Beberapa penelitian konsumsi sayuran berdaun hijau tua, buah atau sayuran berwarna kuning dan oranye, dan biji-bijian, akan meningkatkan asupan vitamin A (retinoids), vitamin C, vitamin e, asam folat, selenium, magnesium. Asupan ini akan meningkatkan konsentrasi karotinoid dalam plasma darah yang akan mengurangi risiko kematian dini pada pasien kanker (Buijsse &  Colleagues, 2005). Konsumsi zat gizi yang cukup mengurangi terjadinya  risiko kanker payudara. flavonoids dan poly phenol pada sayuran dan buah-buahan dan teh hijau adalah komponen zat gizi yang membantu mengurangi risiko kanker usus, prostat, dan kanker payudara. Perhatikan  pemilihan dan  keamanan makanan yang memiliki sifat karsinogenik. Kacang-kacangan yang sudah membusuk atau tengik mengandung aflatoksin dan makanan yang dibakar atau dipanggang dengan suhu tinggi mengandung nitrosamines.

Kesehatan adalah hal yang penting, oleh karena itu diperlukan upaya untuk menjaga kesehatan sebagai langkah pencegahan datangnya penyakit.


TAGS Sayuran penangkal kanker buah penangkal kanker buah dan sayuran anti kanker


-

Author

Follow Me