BAYI KEMBAR TIGA

20 Dec 2016

Bayi kembar tiga itu unik.  Perlu diketahui, kematangan bayi kembar  dua lebih maju 2 minggu bila dibandingkan dengan bayi tunggal. Begitu juga kematangan bayi kembar tiga, tentunya lebih maju 3 minggu dari bayi tunggal. Demikian seterusnya. Usia kehamilan bayi tunggal yang normal adalah 38-40 minggu.  Sedangkan bayi kembar 2 hanya 36 minggu.  Lalu, pada bayi kembar tiga hanya 35 minggu. Pada bayi kembar tiga ini bisa sampai 35 minggu sudah luar biasa. Bukan masuk kategori prematur akan tetapi akan matang.

Salah satu pasien RS PIK yang menjalani kehamilan kembar tiga adalah Ibu Fransiska. Ibu ini sangat kooperatif dan menyerahkan semua penanganan persalinan kepada dokter.  Dapat dikatakan kondisi bayi kembar tiga yang dilahirkannya cukup bagus dan sehat.  Pada usia 33 minggu, ibu Fransiska sudah mengalami kontraksi, ketuban pecah dan dilakukan perawatan pematangan paru janin yang telah disiapkan oleh dokter anak.

PERLU PENANGANAN KHUSUS

Walaupun prosesnya kelihatan sederhana, akan tetapi sebenarnya bayi kembar perlu penanganan yang khusus. Antara lain  mendapatkan suntikan untuk membantu pematangan paru-paru janin, dilahirkan dengan proses sesar, lalu ditempatkan di dalam tabung penghangat selama 2 minggu di ruang bayi.
Sebagai informasi, jenis bayi kembar itu ada dua yaitu identik (monozigot) dan non identik (dizigot). Bayi monozigot /identik adalah janin yang berkembang pada satu plasenta. Sedangkan bayi tidak identik  adalah bayi kembar yang masingmasing berkembang pada plasenta berbeda. Bayi kembar tiga yang dilahirkan Ibu Fransiska ini,  dua bayi adalah kembar identik (berbagi plasenta, dalam satu kantong). Sedangkan satu  bayi adalah bayi tidak identik (satu plasenta, satu kantong).

Faktor Penyebab Bayi Kembar

Ada beberapa faktor yang menyebabkan bayi kembar, di antaranya bayi kembar terjadi karena faktor keturunan, obat penyubur ataupun proses inseminasi buatan. Pada obat-obatan penyubur, belum tentu didapatkan bayi kembar apabila telur yang  matang hanya satu. Tetapi saat ini induksi ovulasi dengan tablet / obat bisa didapat kembar asal terdapat sel telur lebih dari satu. Untuk bayi tabung kemungkinan kembar lebih tinggi karena dimasukkan lebih dari satu telur.


TAGS penyebab bayi kembar penanganan bayi kembar


-

Author

Follow Me